Seputar 4 Madzhab Islam

Aris Saja
Aslkm Wr.Wb. Pak Bu
Semoga keberkahan dan Segala Kebaikan tercurah untuk Pak B dan Keluarga
Pak Mau Tanya :
1. Pak Mengapa timbul mazhab sedangkan Agama Islam Sumber sama / Satu yaitu Nabi (kalo Nabi ada mungkinkah ada Mazhab)
2. Kebanyakan orang-orang di desa mereka tidak mengenal mazhab. itu bagaimana Hukum nya
3. Pernah mendengar bahwa ikut suatu thoriqoh itu supaya bermurshid itu hukumnya wajib, itu bagaiman pak?
Terimakasih

    • Ahmad Bukhori ‎1. pada masa Nabi Muhammad SAW. setiap permasalahan hukum dll langsung di putuskan oleh Nabi sendiri berdasarkan wahyu yang turun, tidak ada perselisihan hukum di masa Nabi. namun setelah Nabi wafat dan kekuasaan islam semakin luas dibarengi perbedaan karakter dan budaya setempat maka munculah aliran2 yang satu sama lain saling bertentangan, sehingga munculah ulama2 mazhab yang memberikan rumusan2 tentang keabsahan suatu amalan hukum. untuk lebih jelasnya silahkan baca di link berikut : http://www.facebook.com/groups/ahkamulfuqoha/permalink/278533902169877/

    • Ahmad Bukhori ‎2. adapun orang awam yang tidak mengerti masalah taklid kepada mazhab, maka selama amalannya yang selama ini dilakukan sesuai dg hukum yang telah ditetapkan salah satu dari 4 mazhab tersebut maka amalannya sah.

    • Ahmad Bukhori ‎3. Thoriqoh merupakan jalan menuju Allah SWT. sehingga diperlukan seorang guru (Mursyid) yang dapat mengarahkan dan menunjukan jalan yang benar, agar supaya tidak salah jalan atau bahkan tersesat.

    • Hasan Mujtaba Dawilah salam , pak izin nanggapi
      1. sbgaimna d jelaskan sdr Ahmad. . .skdr nambahkan bhw awl mula terpecahx islam adalah perbedaan ummat untuk memilih rujukan permasalahan(pemimpin)
      Sbgian mengatakan bhw ar Rasul memilih wakil(pemimpin baru) sebelum beliau syahid, namun ada pula yg beranggapan bhw ar Rasul tdk melakukan penunjukkan shg diadakan pemilihan pemimpin br. . .
      8 Januari pukul 10:07 melalui seluler · 
    • Hasan Mujtaba Dawilah Saran saja : hendakx qt tdk fanatis dlm bermazhab n tetap kritis . . .krn menurut sy pribadi bxk dr qt kebetulan saja terlahir dlm keluarga n lingkungan islam n dlm mazhab tertentu maka seiring berjalannya waktu qt hanya menerima masukkan agama dr mazhab2 it saja n melakukan penilaian thdp mazhab n agama lain dr sudut pandang mazhab qt shg qt mengatakan mazhab qt benar tanpa melakukan pengkajian pada yg laen. . .sekarang pertnyaanx bgaimana bila kita (misal) terlahir dlm lingkungan n agama yahudi n mendapat masukkan hanya dr versi yahudi???saya menduga kefanatisan (sadar atau tdk sadar) akan melekat pada qt

    • Musthofa Elyas Alhamdulillahirobbil'alamin, merupakan suatu berkah dan kenikmatan yang tiada tara sehingga saya terlahir untuk menjadi seorang muslim.
      Amiin.

    • Hasan Mujtaba Dawilah haha , alhamdulillah jg pak. . tp sekarang tugas qt yaitu memperbaiki pondasi qt (yg qt anggap n insyaallah benar) menjadi tidak rapuh (tidak mudah terombang-ambing) dengan cara melakukan pendalaman terhadap mazhab qt n tetap mengkaji mazhab2 lain agar sikap kefanatisan qt tidak muncul n sifat kritis qt tetap terasah (wallahu a'lam bisshowab)








      link grup facebook AHKAMUL FUQOHA'

0 comments:

Post a Comment

Facebook

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Grants For Single Moms